12 Apr 2010

Piala Dunia | Ghana Pimpin Afrika


Ada enam negara Afrika yang mengikuti Piala Dunia 2010. Ghana dianggap paling pantas untuk memimpin para wakil 'Benua Hitam' dengan kualitas skuadnya meski Kamerun dinilai paling berpeluang untuk lolos dari fase grup.

Itulah penilaian dari pelatih Angola Herve Renard mengenai peluang Ghana, Pantai Gading, Kamerun, Nigeria, Aljazair dan tuan rumah Afrika Selatan dalam kiprahnya di perhelatan sepakbola paling akbar sedunia itu.

Menurut Herve, sejauh mana para kontestan benua Afrika itu bisa tampil dapat dilihat dari penampilan mereka di Piala Afrika lalu. Mesir yang jadi juara absen jadi Ghana dengan gelar runner-up bisa jadi andalan di Pildun nanti.

Dengan tidak boleh melupakan juga seperti peringkat ketiga Nigeria dan Aljazair di tempat keempat. Sedangkan Kamerun dan Pantai Gading hanya sampai di perempatfinal, Afsel tidak ikut serta di Angola 2010 lalu.

"Saya pikir tim yang berpartisipasi di Piala Afrika lalu akan tampil baik di Piala Dunia karena mereka punya motivasi lebih karena ini menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di Afrika. Akan jadi momen yang luar biasa dan berlangsung dengan sangat hebat," tukas Herve di Yahoosports.

"Kita tahun potensi dari setiap tim yang ada. Tim yang paling bikin saya puasa adalah Ghana. Tanpa bintangnya, mereka sangat baik di Piala Afrika lalu. Disamping Pantai Gading dan Kamerun, saya pikir Ghana punya tim yang solid dan kita bisa andalkan mereka," sambungnya.

Meski begitu, Herve masih yakin Kamerun sebagai tim Afrika paling berpengalaman punya peluang terbesar daripada negara Afrika lainnya untuk bisa berbicara banyak. Dan Afsel yang tengah disorot karena penampilannya tak bagus-bagus amat selama pemanasan pun bakal tampil beda dengan dukungan penuh suporternya.

"Bagi saya Kamerun punya peluang terbesar untuk melaju ke perdelapanfinal meski tergabung dengan Jepang, Denmark dan Belanda. Jika Aljazair mampu tampil seperti saat kualifikasi, mereka juga bisa tampil baik."

"Walaupun Afsel tidak termasuk dalam negara papan atas di Afrika, mereka akan didukung oleh seluruh masyarakatnya. Bafana Bafana bisa mengejutkan di sana," urainya lagi.

Afsel tergabung di Grup A bersama Prancis, Meksiko dan Uruguay. Aljazair di Grup C dengan Inggris, AS dan Slovakia. Sementara itu Ghana di Grup D dengan Jerman, Australia dan Serbia.

Sementara itu Pantai Gading mendapat undian yang paling berat di Grup G bersama Brasil, Portugal dan Korea Utara.




Berita Lainnya

Comments :

0 komentar to “Piala Dunia | Ghana Pimpin Afrika”


Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"