6 Des 2010

Info Sepakbola | FIFA Ballon d'Or Milik Iniesta?

iniesta-spanyolPengumuman soapa pemain terbaik dunia 2010 masih sekitar sebulan lagi. Namun isu siapa pemenang FIFA Ballon d'Or edisi pertama sudah mulai bocor di media.

Sampai tahun 2009, penghargaan Ballon d'Or dianugerahkan oleh majalah France Football kepada pemain terbaik Eropa tiap tahunnya. Sementara FIFA mendapat 'jatah' untuk memilih pemain terbaik dunia di tahun tersebut.

Tapi mulai tahun ini, penghargaan Ballon d'Or dan FIFA World Player of the Year digabung. Penilaiannya berdasarkan voting di antara para pelatih dan kapten tim nasional, serta dari para jurnalis di seluruh dunia.

Dari 23 nama pemain yang masuk sebagai kandidat, FIFA dan France Football malam ini akan akan mengumumkan tiga nama yang mendapat jumlah suara terbanyak.

Belum juga tiga nama tersebut diumumkan, nama pemenang FIFA Ballon d'Or 2010 malah sudah beredar di media, meski masih sebatas isu.

Adalah La Gazzetta dello Sport yang memberi bocoran soal pemenang FIFA Ballon d'Or ini. Harian olahraga ternama di Italia ini menulis tiga besar FIFA Ballon d'Or akan dikuasai oleh para pemain Barcelona, yakni Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Lionel Messi.

Gazzetta menyebut Iniesta akan membawa pulang FIFA Ballon d'Or edisi pertama ini. Posisi runner up akan ditempati Xavi, sementara Messi harus puas di tempat ketiga.

Bagaimana dengan Wesley Sneijder? Digadang-gadang sebagai salah satu favorit kuat, bintang Inter Milan ini malah disebut tak akan masuk tiga besar. Gelar treble bersama Inter Milan musim lalu dan kesuksesan mengantar Belanda ke final Piala Dunia dinilai tak cukup membawa gelandang 26 tahun ini ke podium pemenang.

Jika 'bocoran' dari Gazzetta ini terbukti benar, maka hal ini akan jadi lompatan besar buat Iniesta. Tiga tahun lalu, Iniesta tak masuk 50 besar kandidat peraih Ballon d'Or dan di tahun 2008 ia juga tak masuk 30 besar. Baru tahun lalu ia sukses melompat ke peringkat empat, meski akhirnya kalah dari Messi, Cristiano Ronaldo, dan Xavi.

Sementara di ajang penghargaan pemain terbaik dunia FIFA, Iniesta telah menempati posisi kesembilan di tahun 2008 dan naik empat peringkat setahun berikutnya.

Memang masih terlalu dini untuk menebak siapa pemenang FIFA Ballon d'Or 2010, mengingat tiga nama dengan suara terbanyak baru akan diumumkan malam ini. Sementara pemenang akan diumumkan di Zurich, 10 Januari 2011.



Berita Lainnya

Comments :

0 komentar to “Info Sepakbola | FIFA Ballon d'Or Milik Iniesta?”


Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"