7 Apr 2010

Piala Dunia | 'Elang Super' Mau Terbang Sampai Semifinal


Di Piala Dunia 2010 nanti, Nigeria tak termasuk negara unggulan. Tapi sang pelatih Lars Lagerback yakin 'Elang Super' bisa terbang sampai ke semifinal sesuai target yang diinginkan.

Lagerback ditunjuk sebagai pengganti Shaibu Amodu yang membawa Nigeria menjadi juara ketiga di Piala Afrika lalu. Ini adalah penampilan ketiga Lagerback di Piala Dunia setelah pada 2002 dan 2003 menukangi timnas Swedia.

Untuk Nigeria, keikutsertaannya di Afrika Selatan kali ini adalah yang keempat setelah pada di Amerika Serikat 1994, Prancis 1998 dan Jepang-Korsel 2002. Mereka tergabung di Grup B bersama Argentina, Korsel dan Yunani.

Melihat peta kekuatan di grup tersebut, sudah pasti Argentina menjadi favorit untuk lolos dari grup tersebut. Tinggal Nigeria dan dua pesaingnya berebut tempat mendampingi 'Tim Tango'.

Masalahnya apakah Nigeria mampu untuk melakukannya? Menurut Lagerback, timnya akan mampu tampil maksimal di sana mengingat mereka bukan unggulan dan tentunya bisa tampil lepas untuk mencapai target semifinal yang dicanangkan PSSI-nya Nigeria.

"Nigeria punya kesempatan hebat untuk tampil baik di Piala Dunia. Walaupun aku melatih negara kecil seperti Swedia, aku selalu mempunyai ambisi dan keyakinan kami bisa memenangi setiap pertandingan dan tampil baik," urai Lagerback di situs resmi FIFA.

"Jika anda tak punya keyakinan akan menang di sebuah turnamen, baik sebagai pelatih maupun pemain, maka anda memang tidak pantas berada di sana," tegasnya.

"Bermain bola di level seperti ini adalah tentang menang dan menang. Saya pikir sebuah kesempatan realistis bagi Nigeria untuk bisa melaju sejauh mungkin pada Piala Dunia di Afrika Selatan nanti," tukas pria 61 tahun itu.

Nigeria pun sebenarnya punya kesempatan untuk tampil mengejutkan di sana karena mereka punya sederet talenta berkualitas. Sebut saja Obafemi Martins, Aiyegbeni Yakubu, John Obi Mikel, Daniel Amokachi atau penyerang senior, Nwanko Kanu.

"Kami akan memainkan 4-5-1, 4-4-2, karena menurut pendapatku ketika kamu bertemu tim hebat, anda harus realistis untuk memilih sistem yang akan memberikan anda kesempatan besar untuk menang."

"Inilah tujuan saya dengan Super Eagles. Saya harus menunggu dan mempelajari tim ini sebelum mengetahu pola atau sistem yang terbaik," tutup eks tandem Tommy Solderberg itu.




Berita Lainnya

Comments :

0 komentar to “Piala Dunia | 'Elang Super' Mau Terbang Sampai Semifinal”


Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"