28 Okt 2009

InfoSepakbola | Old Trafford Paling Penuh di Eropa

OldTrafford
Ada banyak stadion dengan kapasitas besar di Benua Eropa. Tapi kalau soal jumlah penonton terbanyak, Old Trafford milik Manchester United adalah rajanya.

Demikian hasil penelitian yang dibuat Gazzetta dello Sport sepanjang musim 2008/2009 lalu. Old Trafford atau dikenal juga sebagai Theater of Dreams berada di posisi teratas dalam daftar yang berisi 50 stadion di Eropa tersebut.

Sepanjang musim lalu, rata-rata jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan The Red Devils adalah 75.304 orang. Dengan jumlah tersebut Old Trafford menggusur Santiago Bernabeu yang jadi juara di tahun sebelumnya. Dengan rata-rata penonton setiap pertandingan berjumlah 70.816 orang, markas Real Madrid itu turun ke tangga keempat.

Yang cukup mengejutkan adalah keberadaan Iduna Park di posisi kedua setelah kandang Borussia Dortmund menampung rata-rata 74.748 penonton setiap laga. Sementara sang juara Eropa, Barcelona, duduk di tangga ketiga dengan jumlah rata-rata penonton Nou Camp di setiap pertandingan berjumlah 71.045.

Meski kompetisnya kalah gemerlap dibanding Spanyol, Italia dan Inggris, Liga Jerman justru menempatkan banyak stadionnya di posisi 10 besar. Berturut-turut melengkapi stadion dengan rata-rata jumlah penonton terbanyak adalah Allians Arena (Bayern Munich, 69.000), Veltins-Arena (Schalke 04, 61.442), Emirates Stadium (Arsenal, 60.040), San Siro (AC Milan, 59.757), Celtic Park (Glasgow Celtic, 57.366), HSH Nordbank Arena (Hamburg SV, 54881).

Stadion Mestalla milik Valencia menjadi salah satu yang mengalami penururan paling drastis setelah sebelumnya berada di posisi 28 dan tahun lalu duduk di urutan 41. Kondisi yang berseberangan terjadi pada Sevilla yang naik dari posisi 33 ke 26.

Dari daftar stadion dengan rata-rata jumlah penonton terbanyak tersebut, Liga Inggris dan Liga Jerman mendominasi setelah masing-masing menempatkan 13 venue-nya. Selain Liga Spanyol dan Liga Italia yang sama-sama menempatkan enam stadion, rata-rata jumlah penonton terbanyak ada di Liga Prancis (4 stadion), Liga Belanda (3 Stadion), Liga Portugal (2 Stadion), Liga Turki (2 stadion) dan satu stadion dari Liga Skotlandia.




Berita Lainnya

Comments :

0 komentar to “InfoSepakbola | Old Trafford Paling Penuh di Eropa”


Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"