15 Sep 2009

Info Sepakbola | Aturan Baru UEFA ; "Financial Fair Play"

platini
Dalam beberapa tahun terakhir, trend jorjoran dalam membeli pemain sering dilakukan oleh banyak klub-klub Eropa. Bahkan nilai transfer pemain kadang tak masuk akal. Kejadian ini dipastikan tidak akan terjadi lagi di musim 2012 mendatang. Karena UEFA baru saja menyetujui aturan baru.

Seperti diberitakan Reuters, peraturan yang bernama "financial fair play" baru saja disetujui oleh UEFA melalui rapat Komite Eksekutif yang digelar di Nyon, Selasa (15/9/2009) waktu setempat. Aturan membatasi jumlah belanja klub ini digagas oleh Michel Platini yang juga menjabat sebagai presiden UEFA.

Peraturan yang akan diberlakukan pada tahun 2012 itu, menyebutkan setiap klub tak boleh membelanjakan uangnya lebih dari jumlah pendapatan yang diterima.

"Kami tidak ingin membunuh atau menyakiti klub, sebaliknya kami justru ingin membantu mereka di pasar. Kondisi itu adalah dasar dari accounting, tapi itu tak mendasari kehidupan sepakbola dalam beberapa tahun terakhir," ungkap Platini dalam sambutannya setelah aturan baru tersebut disetujui.

Dilanjutkan Platini, para pemilik klub sebelumnya telah meminta dilakukan perubahann aturan seperti yang akhirnya disahkan hari ini. Sementara itu Deputi Sekretaris Jenderal UEFA menyebut kalau total 50% klub di Benua Biru mengalami kerugian.

"Klub-klub yang berpartisipasi pada turnamen milik kami telah menyetujui tanpa syarat. Kami tak ingin melarang sebuah klub berpartisipasi di turnamen yang kami selenggarakan," sambung legenda hidup sepakbola asal Prancis itu.

Aturan ini memberikan sanksi kepada klub yang melanggarnya dengan melarang klub tersebut mengikuti semua ajang dibawah naungan UEFA, dan tidak ada toleransi meski klub pelanggar berstatus sebagi juara di liga domestik.




Berita Lainnya

Comments :

0 komentar to “Info Sepakbola | Aturan Baru UEFA ; "Financial Fair Play"”


Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"