12 Apr 2010

Piala FA | Extra Time, Pompey Tekuk Spurs


Meski tengah mengalami berbagai masalah, namun Portsmouth membuktikan kualitasnya. Melalui extra time, The Pompey mengandaskan Tottenham Hotspur dan meraih tiket final Piala FA.

Portsmouth mengatasi Spurs 2-0 dalam laga semifinal yang digelar di Wembley, Minggu (11/4/2010) petang waktu setempat. Gol kemenangan juara Piala FA musim 2007/2008 itu dibukukan Frederic Piquonne di menit ke-99 dan penalti Kevin Prince Boateng menit 117.

Di final yang digelar 15 Mei mendatang, The Pompey yang musim ini diterpa krisis keuangan parah dan telah dipastikan terdegradasi dari Premiership di akhir musim, akan menghadapi Chelsea.

Spurs memetik peluang pertama di menit kelima. Lewat sebuah situasi sepak pojok, Jermain Defoe melepaskan serangan dari jarak dekat namun masih gagal menembus sasaran.

Tujuh menit berselang giliran Portsmouth yang menyerbu. Sepakan Frederic Piquionne berhasil sukses diamankan oleh Heurelho Gomes.

Jual beli serangan terus berlanjut. Menit ke-27, umpan silang Tom Huddlestone ditanduk oleh Peter Crouch. Upaya pemain Jangkung itu berhasil dikandaskan oleh kiper Portsmouth David James.

Sepuluh menit kemudian, umpan terobosan Hassan Yebda mengarah ke Piquionne yang berhasil lepas dari kawalan pemain belakang Spurs. Selanjutnya pemain bernomor punggung sembilan itu melepas tembakan datar yang masih bisa dihalau Gomes. Bola rebound disambar Aruna Dindane. Namun bola yang ia lepas kurang mengarah ke gawang sehingga bisa diamankan oleh Gomes.

Enam menit menuju turun minum, David James beraksi menggagalkan tendangan chip yang dilepas Tom Huddlestone dari luar kotak penalti.

Di akhir babak pertama, dua peluang yang didapat gelandang Spurs David Bentley seluruhnya digagalkan pemain tengah Portsmouth Marc Wilson.

Semenit selepas restart, sepakan Defoe dari sebelah kanan gawang Portsmouth masih bisa dibuang oleh bek Ricardo Rocha.

The Pompey mengancam via tendangan bebas Kevin Prince Boateng pada menit 51. Bola sempat memantul tanah di muka gawang The Lilywhites dan selanjutnya dihalau oleh Gomes dan menghasilkan sepak pojok.

Empat menit berselang, umpan silang Aruna Dindane disambut tandukan Piquionne. Bola bisa ditangkap oleh Gomes.

Kans Spurs lewat Defoe di menit ke-55 terlalu lemah sehingga James tak terlalu sulit untuk mematahkan serangan tersebut.

Selanjutnya Spurs lebih banyak menghadirkan ancaman. Namun dua peluang yang didapatkan Crouch masing-masing di menit ke-65 dan tiga menit setelahnya masih melenceng dari sasaran.

Peluang emas datang bagi Spurs di menit ke-70. Bola yang dilepas Vedran Corluka dari sisi kiri kotak penalti Portsmouth membentur kaki Aaron Mokoena dan sempat mengarah ke gawang sendiri. Meski dibayangi Crouch, Mokoena berhasil membuang bola keluar.

Lima menit menuju akhir babak kedua, Spurs kembali melancarkan serangan. Lewat situasi sepak pojok, bola kemudian ditendang oleh Kranjcar. Namun upaya pemain Kroasia itu masih membentur kaki Boateng yang berdiri di depan tiang gawang.

James kembali beraksi di menit ke-90. Umpan dari Luka Modric disambar Peter Crouch, bola berhasil ditepis oleh eks kiper nasional Inggris tersebut. Bola pantul disambar Gareth Bale, namun sepakannya hanya berbuah sepak pojok.

Skor 0-0 bertahan hingga 2 x 45 menit sehingga memaksa dilakukan babak extra time. Di menit awal extra time pertama, ancaman Portsmouth melalui Piquionne masih menyamping dari gawang Gomes.

Portsmouth membuka skor di menit ke-99 melalui Piquionne. Gol ini berawal dari situasi tendangan bebas. Pemain asal Prancis itu sukses memanfaatkan situasi saat bek Michael Dawson yang mengawalnya terpeleset. Piquionne selanjutnya melepas eksekusi yang menggetarkan gawang tim London Utara.

Crouch sempat mencetak gol penyama menit ke-11 babak extra time pertama. Namun dianulir karena sebelumnya terjadi pelanggaran.

Semenit babak extra time kedua berjalan, James menangkal serbuan Spurs yang dibangun oleh Gareth Bale dan diakhiri oleh eksekusi Pavlyuchenko.

Portsmouth mengunci kemenangan di menit ke-117 lewat penalti Kevin Prince Boateng. Ada pun tendangan 12 pas diberikan setelah Sebastian Bassong melanggar Aruna Dindane di kotak terlarang.

Peluang terakhir dalam pertandingan ini hadir melalui sepakan pemain pengganti The Pompey, John Utaka. Tendangannya masih bisa ditepis oleh Gomes.




Berita Lainnya

Comments :

0 komentar to “Piala FA | Extra Time, Pompey Tekuk Spurs”


Posting Komentar

"Budayakan Berkomentar Setelah Membaca dan Tolong Jangan Menaruh SPAM, Terima Kasih"